Ikan Cupang, Alternatif Usaha Di Tengah Pandemi Covid

Tiga hari kemudian, kedua ikan itu digabungkan untuk bereproduksi. Keuntungan yang kedua adalah anda sebagai pelaku bisnis ikan cupang hias tidak harus memiliki ruangan yang besar untuk mulai membudidayakan ikan hias. Hal ini dikarenakan ikan cupang bisa diletakkan dalam wadah akuarium atau toples yang berukuran kecil. Menurut Julius ini merupakan saat yang tepat untuk seseorang terjun ke dunia bisnis ikan hias. Pasalnya, pengusaha ikan hias tidak hanya menargetkan pasar dalam negeri mengingat permintaan ikan hias di luar negeri cukup tinggi.

Usaha bisnis ikan cupang

Untuk jenis berdasarkan fungsinya ikan cupang di kategorikan menjadi 2 berdasar fungsinya, yaitu sebagai cupang hias dan juga cupang aduan. Sementara hasil budidaya yang dilakukan dijual melalui media sosial Facebook dan Instagram. Malahan Verdi berencana membuat media lelang dan CSR untuk pemasaran ikannya. Nah, dalam melakukan proses pemasaran ini, kamu sebaiknya tidak membatasi diri untuk memasarkannya ke pasar lokal maupun internasional. Terlebih lagi, beberapa negara Asia menunjukkan minat tinggi terhadap ikan cupang.

“Alhamdulillah bisa on-line maupun offline untuk pemasaran, lebih sering dari Gresik dan Surabaya. Untuk eceran harganya mulai dari Rp4 ribu hingga Rp10 ribu,” kata Pemuda 24 tahun ini. Dengan begitu, hampir setiap bulan Anda bisa mengawinkan ikan koi milik Anda jika memiliki 5 pasang koi. “Untuk mendapatkan hasil tersebut, tentunya perlu didukung dengan peralatan yang sempurna. Maka, percayakan ke kami dalam pemenuhan kebutuhan alat akuarium Anda,” katanya sedikit berpromosi. Pemberian pakan harus dilakukan sedikit demi sedikit dan dilakukan sesering mungkin. Semakin sering memberi makan, maka ikan akan lebih cepat tumbuh.

Jangan bingung dan jangan takut ikan cupang kamu mati ketika pengiriman. Tenang aja kok, dengan layanan Same Day dari Anteraja, ikan cupang yang kamu kirim bisa sampai dengan waktu maksimal 8 jam! Nggak perlu takut ongkirnya mahal, langsung aja kamu cek ongkir, karena mulai dari 20 ribu rupiah aja kamu udah bisa menggunakan layanan Same Day ini. Denger-denger sudah banyak kok penjual yang puas dengan layanan Same Day dari Anteraja, jadi tunggu apalagi?

Khusus di masa pandemi Covid-19, selain ekspor ke Jepang tetap jalan, pesanan untuk pasar domestik pun meningkat. Siapa yang menyangka bisnis ikan hias dimusim pandemi ternyata mampu memberikan keuntungan yang menjanjikan? Meningkatnya peminat ikan hias dikala pandemi menjadi salah satu alasan kenapa bisnis ikan hias menjadi contoh peluang usaha yang sangat berpotensi. Didik awalnya melihat di media sosial sedang ramai memperbincangkan ikan cupang. Akhirnya, ia tertarik budidaya kemudian membeli lima pasang ikan cupang. Ternyata, usaha budidaya ikan cupang milik Didik berkembang dan berhasil hingga kini.

Berdasarkan catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan , produksi ikan hias di Indonesia meningkat dari 0,57 miliar ekor pada 2009 menjadi 1,19 miliar ekor pada 2018. Berbagai jenis ikan Cupang mulai dari yang tak berharga hingga harga ratusan ribu banyak dijumpai di teras rumahnya yang berada di Ciledug-Tangerang, Banten. BOSAN dengan aktivitas membuat kanal youtube yang digelutinya sejak Kelas 5 SD, karena kehabisan ide dan tema, Admiral Aydin Abulhayat kini memulai bisnis ikan Cupang. Tidak seperti aktivitas sebelumnya yang banyak di luar ruang, Iral – begitu remaja ini biasa dipanggil keluarganya – memilih teras rumah sebagai tempat memulai usaha. Waktu yang paling tepat untuk pemijahan adalah jam 10 pagi, 4 sore hingga jam 6 sore.

Comments are Disabled